Sabtu, 20 Desember 2014

Karakteristik Kanker

Sehat bukan berarti tidak sakit, kalimat tersebut harus dijadikan pedoman setiap orang yang tidak ingin terkena penyakitkhususnya kanker,  tidak ada rasa nyeri bukan berarti di dalam tubuh kita tidak ada penyakit, begitulah salah satu karakteristik kanker, tidak ada keluhan, yang berarti, tetapi tiba-tiba dokter memvonis bahwa kanker telah menggerogoti salah satu bagian tubuh kita.
Kanker adalah suatu penyakit di mana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel-sel kanker akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian pertumbuhan, dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan. Bila pertumbuhan ini tidak cepat dihentikan dan diobati maka sel kanker akan berkembang terus. Sel kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitarnya (invasif) lalu membuat anak sebar ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Selanjutnya, akan tumbuh kanker baru di tempat lain sampai akhirnya menyebabkan kematian penderita.
Penyakit kanker tidak pandang bulu, dapat menyerang siapa pun pada semua golongan umur, tanpa memendang jenis kelamin, kebangsaan, atau golongan. Namun demikian, kanker lebih sering menyerang manusia yang berusia lebih dari 35 tahun. jenis kanker tertentu, dapat lebih banyak mengenai golongan tertentu pula.
Kanker sebenarnya bukan penyakit yang datang seketika tetapi membutuhkan proses untuk dapat menggerogoti tubuh seseorang, salah satu alasan kenker tidak dapat disembuhkan adalah sikap dan tindakan dari penderita itu sendiri dan diperparah kekurangpahaman masyarakat tentang kanker itu sendiri, serangan kanker yang berakhir dengan kematian sebagian besar disebabkan oleh pendeteksian yang terlambat dan meningkatnya jumlah penderita setiap tahun disebabkan oleh masyarakat belum menyadari pentingnya pencegahan.
Penyebab kanker:
1. Faktor keturunan
2. Faktor fisika dan kimia
3. Faktor pola makan
dari ketiga faktor diatas yang paling dominan penyebab kanker adalah dari pola makan sehari-hari. Secara tidak sadar seringkali kita mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah tercampur dengan zat pengaktif kanker yang di bidang kesehatan disebut zat "karsinogen".
Zat karsinogen dalam makanan:
1. Monosodium glutamat (penyedap rasa)
2. natrium Benzoat/natrium Siklamat (pengawet makanan)
3. Borax/Formalin/Bleng (Pengenyal makanan)
4. Tatrazine Cl/Yellow sunset (Zat pewarna makanan)
Kebiasaan hidup yang menyebabkan kanker:
1. Mengonsumsi nasi yang dipanaskan lebih dari 24 jam
2. Perokok berat
3. Bergonta-ganti pasangan hidup
4. Pemakaian minyak jlantah (lebih dari 3x penggorengan )
Jenis kanker yang menyerang manusia:
1. kanker mulut rahim (serviks)
2. kanker payudara
3. kanker prostat
4. Kanker hati
5. kanker paru-paru
6. kanker usus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar